Jabhah Nusrah Usir Militer Suriah dari Kota Tal Bajer Aleppo


Aleppo (Headlineislam.com) – Dua minggu yang lalu, militer rezim Bashar Assad mengklaim telah meraih kemenangan awal yang signifikan saat mereka melancarkan serangan besar-besaran di propinsi Aleppo.

Sejumlah kota penting berhasil direbut militer Suriah termasuk Tal Bajer. Saat itu terlihat seolah-olah pasukan rezim Assad menemukan momentum besar yang bakal menjadi titik balik kemenangan mereka dengan dukungan pesawat-pesawat tempur Rusia.

Di awal pekan ini, “kemenangan signifikan” pasukan loyalis Assad itu terlihat seperti menguap begitu saja, karena para pejuang Jabhah Nusrah, cabang resmi al-Qaidah di Suriah sudah mengambil alih kembali Tal Bajer dan bersiap merebut kota-kota lainnya di wilayah itu.

Mujahidin al-Qaidah telah merilis video hasil rekaman drone yang memperlihatkan gerak maju para pejuang mereka di kota tersebut dengan mengendarai sejumlah tank.

JN cabang Al-Qaidah menyatakan di dalam video itu terlihat pasukan militer Suriah, termasuk juga para milisi Syiah Hizbullah dan pasukan militer Iran sedang kabur meninggalkan kota Tal Bajer.

Meskipun video itu belum diketahui tingkat keakurasiannya, kelompok pengamat hak asasi manusia SOHR (Syrian Observatory for Human Rights) yang berbasis di Inggris mengkonfirmasi bahwa kota itu telah jatuh ke tangan al-Qaidah. (kt)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.