Ulama Palestina: "Kemenangan AKP Merupakan Saham Yang Besar Dalam Membela Masjidil Aqsha"

Al-Quds (Headlineislam.com)  Pemimpin Al-Harakah Al-Islamiyah di wilayah Palestina yang terjajah, Syaikh Raed Salah, mengatakan bahwa kemenangan partai keadilan dan pembangunan (AKP) di Turki akan memberikan saham yang besar dalam membela Masjidil Aqsha dan membela hak-hak orang yang terzhalimi.

Seperti diberitakan Yeni Safak, Ahad (1/11/2015) kemarin, Syaikh Raed Salah yang juga dijuluki pelindung Masjidil Aqsha, mengatakan, “Rakyat Turki memang telah menyejukkan hati seluruh umat Islam. Missi dan hasil perjuangan pemilu mereka kali ini sungguh sangat bersejarah.”

Kenapa bersejarah, Syaikh Raed Salah mengatakan, “Hasil pemilu Turki ini menampar keras mesin-mesin penghancur di muka bumi. Pemilu ini juga akan menjadi sumber ruh baru untuk keberlangsungan Turki sebagai negara yang gagah, negara yang kuat mengemban berbagai permasalahan di kawasan. Terutama permasalahan Masjidil Aqsha.”

Syaikh Raed Salah melanjutkan, “Sebagai pribadi, ketua Al-Harakah Al-Islamiya, dan juga para pejuang yang selalu bersiap siaga di Masjidil Aqsha, aku ucapkan selamat kepada rakyat Turki yang sangat mengagumkan, kepada pemimpinnya yang pelopor, dan juga kepada AKP atas kemenangan besar ini.”

Berikut perbandingan perolehan empat partai terbesar, antara pemilu bulan Juli dan November:

·         AKP: 49.4% (316 kursi). Juli: 41.0%
·         CHP: 25.3% (133 kursi). Juli: 25.0%
·         MHP: 12.0% (41 kursi). Juli: 16.3%
·         HDP: 10.4% (59 kursi). Juli: 13.2%
·         Partai lain: 2.9%. Juli: 4.6%

Dapat dilihat bahwa hanya AKP yang mengalami kenaikan perolehan suara, yaitu 8.4%.

Tingkat partisipasi rakyat dalam pemilu dini ini sangat tinggi, yaitu 87.11% dari seluruh rakyat yang mempunyai hak pilih. Keseluruhan jumlah pemilih 54.490.940 orang. [im/dakwatuna/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.