Tanpa Perlawanan, Al-Shabab Kontrol Kota Penting


Shabelle (Headlineislam.com) – Gerakan Al-Shabab Al-Mujahidin, Jumat (13/11), mengontrol kota strategis yang dilintasi jalan yang menghubungkan ibukota Mogadishu dan daerah-daerah lainnya di Somalia Tengah. Tak ada perlawanan dari militer Somalia dan pasukan Uni Afrika yang lebih dulu menarik diri.
“Militer Somalia yang berada di kota Fido, provinsi Shabelle, meninggalkan kota Kamis malam. Paginya (Jumat), giliran pasukan Uni Afrika menarik diri menuju kota terdekat,” kata sejumlah warga Fido seperti dilansir Al-Jazeera. Mereka menunjukkan, tidak diketahui penarikan diri pasukan pemerintah tersebut.
Kemudian, tambah mereka, pasukan Al-Shabab memasuki kota dan segera mendirikan pos-pos militer setelah pasukan gabungan pergi. Tidak ada penjelasan dari militer Somalia terkait penyebab penarikan pasukan gabungan itu dari kota yang sangat strategis.
Sementara itu, seorang pejabat Provinsi Shabelle mengatakan dalam wawancara dengan radio lokal bahwa pasukan gabungan meninggalkan kota itu karena takut “terkena banjir bandang”. Pasalnya, klaimnya, hujan lebat terus berlangsung dan air di sungai Shabelle yang melintas di kota Fido semakin meluap. Pejabat itu membantah pejuang Al-Shabab memasuki kota tersebut.

Sebelumnya, dua pangkalan militer pasukan Uni Afrika di Somalia Selatan diserang pejuang Al-Shabab. Sejumlah tentara Afrika tewas akibat serangan tersebut. Sejak itu, pasukan Somalia dan Uni Afrika mengosongkan sejumlah kota, mayoritas di wilayah selatan. [em/kiblat/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.