Pemilu Turki, AKP Menang Telak


Turki (Headlineislam.com) – Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) berhasil memenangkan Pemilu Turki 1 Nopember 2015 dengan kemenangan mayoritas. Partai Erdogan itu meraih suara 49,41 persen, diperkirakan akan menduduki 316 (57 persen) dari 550 kursi yang ada di parlemen. Demikian hasil sementara yang telah mendekati final dengan suara masuk 99,53 persen.
Secara prosentase suara, perolehan AKP ini naik 8,4 poin daripada suara pada Pemilu Juli lalu yang berada di angka 41 persen.
Hasil pemilu Turki 1 Nop 2015 (BBC)
Sementara itu, partai oposisi utama CHP berada di posisi kedua dengan perolehan 25,38 persen suara (diprediksi 134 kursi). Yang menarik adalah HDP dan MHP yang peringkat suaranya tidak berbanding dengan perolehan kursi. Secara jumlah suara, MHP berada di posisi ketiga dengan 11,93 suara dan HDP di posisi keempat dengan 10,70 suara. Namun perolehan kursi HDP (59 kursi) lebih besar daripada MHP yang hanya mendapatkan 41 kursi.
Perolehan kursi AKP yang melewati batas 276 kursi memungkinkannya membentuk pemerintah sendiri tanpa harus berkoalisi. Dengan tambahan 60 kursi partai lain (jika berkoalisi), AKP juga bisa melakukan perubahan konstitusi tanpa harus melewati referendum.
Menyambut kemenangan ini, Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menyebut hasil Pemilu sebagai “kemenangan bagi rakyat dan demokrasi Turki”. [em/bersamadakwah/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.