LKS Anak SD di Malang Sebutkan Ibu Boleh Berprofesi Jadi Pelacur

Malang (Headlineislam.com) – Kabar mengejutkan kembali datang dari dunia pendidikan. Di Malang beredar Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mengajarkan tanggung jawab dengan menyontohkan ibu yang suaminya meninggal harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan, walaupun harus menjadi pelacur.

LKS keluaran Dinas Pendidikan Kota Malang menjadi bahan perbincangan setelah memuat contoh bentuk tanggung jawab ibu meskipun bekerja sebagai pelacur. Contoh tersebut tercantum dalam LKS berjudul Insan Bermartabat untuk kelas 5 SD Semester 1.

Salah satu bagian dalam LKS tersebut memuat bahan ajar tentang tanggung jawab. Di halaman 34 LKS tersebut mengajarkan macam-macamnya tanggung jawab beserta contohnya. Contoh kontroversial disertakan dalam tanggung jawab terhadap keluarga.

“Seorang ibu hidup dengan tiga anak, karena suaminya meninggal dia harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anaknya, walaupun harus menjadi pelacur sekalipun, karena demi memberikan kehidupan dan bertanggung jawab atas ketiga anaknya,” tulis penyusun dalam LKS itu.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyatakan akan meninjau ulang LKS itu. “Kami akan kaji ulang LKS tersebut. Buku tersebut bukan terbitan Kemendikbud melainkan buatan dari Kelompok Kerja Guru (KKG),” kata Anies di Jakarta, Senin (16/11), sebegaiman dilansir Republika.co.id.

Dia menyayangkan LKS yang merupakan hasil plagiat atau copy paste dari internet tanpa dicek kembali. Anies pun mengancam pemberian sanksi terhadap pelakunya. “Kalau pegawai Kemendikbud sudah saya skors,” kata Anies. [em/kiblat/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.