Capek Blusukan Jalan Kaki, Jokowi Pakai Helikopter Supermewah


Jakarta (Headlineislam.com) – Presiden Jokowi tampaknya bakal menggunakan armada baru untuk menemaninya blusukan ke berbagai daerah. Kali ini yang dipilih sebagai kendaraan blusukan adalah Helikopter AW-101.

Helikopter tersebut lengkapnya adalah AgustaWestland AW-101. Heli ini adalah hasil joint venture antara Westland Helicopters di Inggris dan Agusta di Italia. Saat ini proses kedatangan heli tersebut masih direncanakan.

AgustaWestland AW101 dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya terutama kelas VVIP. Tak hanya itu, heli ini memiliki standar keamanan seperti perahu karet, sarana bantalan udara seperti airbag saat terjadi benturan. Sekali terbang, heli ini mampu mengangkut 13 orang. 

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama Dwi Badarmanto mengatakan, helikopter ini akan dipakai untuk kepentingan VVIP, termasuk presiden dan wakil presiden. Terdapat sejumlah keunggulan dibandingkan heli SuperPuma yang dipakai Jokowi sebelumnya.

"Helikopter ini di atasnya SuperPuma, punya daya angkut lebih besar dan endurance lebih baik," ungkap Badarmanto Kamis (19/11/2015).

Heli baru ini ditempatkan di Lanud Halim Perdanakusuma. TNI Angkatan Udara berencana menambah lebih banyak helikopter jenis ini hingga menjadi satu skadron khusus.


"Kita ingin melengkapi satu skadron dengan bermacam-macam pesawat," tandasnya. [im/posmetro/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.