Ancaman Teror Selimuti Rusia

Moskow (Headlineislam.com) – Pihak berwenang Rusia terpaksa mengosongkan stasiun kereta api di kota Kemrovo, Provinis Siberia, dan mall di kota St. Petersburg. Di saat bersamaan, muncul kekhawatiran terjadinya serangan seperti di Paris, Prancis.

Dilansir dari Al-Jazeera, Ahad (15/11), polisi mengevakuasi pengunjung stasiun kereta di Kemerovo setelah mendapat laporan adanya tas mencurigakan. Sementara di pengosongan mall di kota St. Patersburg dilakukan setelah orang tak dikenal menelepon ada bom di tempat tersebut.

Hal serupa juga terjadi di salah satu hotel terbesar di ibukota Moskow Sabtu malam. Pihak hotel mendapat ancaman dari orang tak dikenal yang mengaku meletakkan bom di hotel.

Pasukan penjinak bom Rusia dikerahkan ke lokasi. Setelah dilakukan penyisiran, tak ditemukan bahan peledak apapun.

Al-Jazeera melaporkan, tiga hari sebelumnya tersebar pesan yang menyebutkan sebanyak 18 “teroris” memasuki kota Moskow dan siap melakukan peledakan. Akan tetapi, polisi menegaskan bahwa pesan itu hanya untuk menciptakan ketakutan dan kebingungan di jalan-jalan.

Namun demikian, pasukan keamanan Rusia melakukan pengamanan super ketat di tempat-tempat publik, seperti bioskop, taman kota, stasiun, terminal dan tempat rekreasi. Sebelumnya keamanan Rusia tidak melakukan pengamanan seperti itu.

Menteri Dalam Negeri Rusia, Sabtu lalu, mengumumkan pengamanan tingkat tinggi di seluruh wilayah. Pengumuman ini dikeluarkan menyusul pertemuan darurat kementerian pasca serangan di Paris. Pertemuan itu membahas ancaman ISIS terhadap kepentingan Rusia. [em/kiblat/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.