LWJ: Taliban Mungkin Telah Mengontrol Setengah Afghanistan

Afghanistan (Headlineislam.com) – Menurut informasi yang dihimpun The Long War Journal, Taliban telah mengontrol 35 distrik di Afghanistan. Dari total 398 distrik, 35 lainnya juga sedang mengalami perebutan wilayah. Data ini digunakan The New York Times untuk membuat peta yang menggambarkan jangkauan Taliban di Afghanistan. Peta kontrol dan perebutan wilayah Taliban di Afghanistan adalah berikut ini:



Meski demikian, wilayah yang dikontrol dan diperebutkan oleh Taliban lebih dari yang ada dalam peta. Menurut Bill Roggio, editor The Long War Journal, Taliban memiliki jejak yang signifikan di Afghanistan berdasarkan sebuah publikasi online yang melacak wilayah-wilayah yang dikuasai Taliban.

Roggio telah melakukan konfirmasi, bahwa sekitar seperlima wilayah berhasil dikendalikan dan diperebutkan oleh Taliban. Namun, berdasarkan data operasi Taliban, menurutnya wilayah kontrol mereka lebih dari itu. “Pengaruh dan kontrol mereka mungkin sekitar setengah dari negara,” ungkapnya.

Taliban kembali mendapatkan wilayahnya yang hilang selama kehadiran AS di Afghanistan antara tahun 2009 hingga 2012. AS memang bermaksud mengurangi militer mereka di Afghanistan, tapi prakteknya tidak secepat yang diinginkan. Tidak kurang dari 10.000 tentara berada di negara itu. Presiden Obama berencana untuk menarik semua pasukannya, kecuali beberapa pasukan yang disisakan untuk melindungi Kabul hingga 2017.

Beberapa waktu lalu, dikarenakan memburuknya situasi, Obama menarik ucapannya dan mengatakan bahwa 5.500 tentara akan tetap berada di Afghanistan. Tentara-tentara itu akan ditempatkan di empat lokasi; Kabul, Bagram, Nangarhar, dan Kandahar.

Menurut The LWJ, tindakan ini tidak cukup untuk menghalau Taliban. Sebelumnya, Taliban telah berhasil merebut ibukota provinsi Kunduz selama dua pekan. Puluhan distrik lainnya juga berhasil dikuasai, meskipun 9.800 tentara AS masih bercokol di Afghanistan.

Dalam sebuah pernyataan kepada Voice of Jihad, Taliban juga mengatakan bahwa 5.500 tentara tidak akan bisa menghentikan gerak mereka. “Ratusan ribu tentara penjajah saja telah kalah di Afghanistan, bagaimana mungkin mereka (AS) berharap menang dengan lima ribu tentara saja.” katanya. Untuk itu, The LWJ kembali menilai bahwa hal itu tidak cukup untuk menghentikan kemajuan Taliban di Afghanistan. (ar/kiblat.net/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.