Iran Siap Kirim Pasukan Resmi ke Suriah

Ketua Komite Keamanan Nasional dan kebijakan
Luar Negeri di Parlemen Iran, ‘Alaudin Boroujerdi,
dalam konferensi pers di Damaskus, Kamis (15/10),
Damaskus (Headlineislam.com) – Iran menyatakan siap mengirim pasukan secara terang-terangan ke Suriah untuk membantu Bashar Assad jika pemerintah Damaskus meminta. Sementara sumber-sumber di lapangan menegaskan bahwa tentara resmi Iran sudah bertempur di Suriah memerangi pejuang.
“Ketika sebuah negara sahabat seperti Suriah meminta (bantuan pasukan) kami akan mempelajarinya dan kemudian memutuskannya,” kata Ketua Komite Keamanan Nasional dan kebijakan Luar Negeri di Parlemen Iran, ‘Alaudin Boroujerdi, dalam konferensi pers di Damaskus, Kamis (15/10), seperti dilansir Al-Jazeera.
Dia menjelaskan bahwa menurut kebijakan regional Iran dalam bantuan militer, baik untuk Iraq atau Suriah, itu didasarkan pada permintaan negara terkait. Sementara strategi Iran memerangi “terorisme” membantu dua negara itu baik dari senjata dan instruktur militer. Pasti, tambahnya, perlu dipelajari dan didiskusikan di kalangan internal Iran.
Boroujerdi yang menemui awak media setelah bertemu Bashar Assad menekankan bahwa Iran mendukung penuh Suriah dalam perang yang ia sebut “melawan teroris”. Begitu juga Assad, sangat senang dengan dukungan Iran dan Rusia.
Dia mendukuh AS dan negara regional mendukung yang ia sebut “teroris”. Dia juga mengkritik kebijakan Turki yang mendukung oposisi.
Perlu dicatat, Iran dan Suriah menganggap seluruh pejuang Suriah baik yang Islamis atau nasional sebagai gerakan teroris. Sementara AS dan sekutunya masukkan gerakan pejuang Islamis sebagai “teroris”.
Sementara itu, halaman-halaman Online pro rezim Suriah sebelumnya ramai membicarakan foto komandan brigade Faliq Al-Quds Iran, Qasim Sulaimani, di Suriah. Dia terlihat tengah memeriksa pasukan Iran dan Suriah di sebuah tempat yang diyakini di pedesaan Latakia.
Foto itu menyebar di internet beberapa hari setelah Sulaimani santer dikabarkan mengunjungi Aleppo.
Iran selalu mengelak dituduh mengirim pasukan ke Suriah. Namun, kesaksian pejuang dan laporan media menegaskan bahwa tentara nasional Iran bertempur di Suriah membela Bashar Assad.

Kantor berita The Assosiated Press memperkirakan jumlah tentara Iran di Suriah mencapai 1.500 tentara. Jumlah ini belum termasuk milisi-milisi bersenjata bentukan Garda Revolusi Iran dari berbagai negara. (Ar/kiblat/headlineislam.com)

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.