Dai Ahlus Sunnah Ini Divonis Mati Oleh Iran

Syahram Ahmadi
Teheran (Headlineislam.com) – Pengadilan Iran kembali memvonis mati dai Ahlussunnah. Kali ini, dai Sunni yang dikenal Syahram Ahmadi dijatuhi hukuman mati karena dituduh “melakukan kerusakan”.
Harian Online Arabi21, Jumat (29/10), menerima informasi dari sumber tepercaya di Iran bahwa Mahkamah Agung Iran menguatkan hukuman mati terhadap Syahram Ahmadi. Dia ditangkap pada 2009 lalu oleh Dinas Intelijen Iran dan segera dijatuhi hukuman mati.
Sebelumnya, Mahkamah Agung Iran sempat membatalkan vonis tersebut pada Juli 2015. Namun, vonis tersebut kembali dikuatkan di Mahkamah yang sama dengan hakim yang juga sama.
Kuasa hukum Ahmadi juga dikabari bahwa kliennya kembali divonis mati untuk kedua kalinya pada 15 Oktober. Vonis itu juga telah dilimpahkan ke pengadilan pelaksanaan hukum untuk segera dieksekusi.
Ahmadi yang termasuk salah satu dai Ahlussunnah di Iran selama di penjara intelijen mengalami berbagai jenis penyiksaan fisik dan psikis. Pada persidangan tahun 2012, hakim menjatuhkan vonis mati. Dalam sidang tersebut, kuasa hukum Ahmadi dilarang hadir untuk memberi pembelaan.
Ia juga menderita penyakit kronis, hingga salah satunya ginjalnya harus diangkat, akibat beratnya siksaan di penjara intelijen Iran. Pihak penjara tidak memberi izin bagi Ahmadi untuk berobat atau dirawat di rumah sakit. Izin itu dikeluarkan jika Ahmad dalam kondisi kritis dan harus segera dilarikan ke rumah sakit.
Perlu diketahui, adik Syahram Ahmadi lebih dulu dieksekusi pemerintah Iran. Adiknya yang bernama Bahram Ahmadi itu digantung pada 27 September 2012 di penjara Qazl Hishar di Karaj.
Sementara itu, aktivis Ahlussunnah di Iran mengatakan bahwa mayoritas tuduhan diberlakukan pengadilan Iran kepada politisi anti pemerintah dan dai Ahlussunnah adalah “memerangi Allah dan Rasulnya serta membuat kerusakan”. Tuduhan ini menjadi legitimasi bagi pengadilan Iran untuk menjatuhkan vonis mati.
Pada bagiannya, Ahlussunnah di Iran mengkritik keras sikap negara-negara Arab dan Islam yang diam melihat eksekusi mati yang dilakukan Iran terhadap ulama dan dai Sunni. Di saat yang sama, Iran mencurahkan segala kekuatan untuk menghadang Saudi mengeksekusi salah satu pemimpin spiritual Syiah mereka. [ek/kiblat/headlineislam.com]

Headlineislam.com adalah portal media Islam yang berpihak kepada kebenaran dan kaum Musliman Ahlussannah wal Jama’ah. Dan juga sebagai wadah yang menampung berita dan artikel-artikel bermanfaaat untuk dijadikan konsumsi bacaan maupun referensi.